Tips Biar Laper Puasa Gak Kerasa - M. Aidil

Rabu, 01 Juli 2015

Tips Biar Laper Puasa Gak Kerasa



Alhamdulilah bisa ketemu lagi sama bulan Ramadhan tahun ini. Gue bisa puasa, bisa main polis-polisian shalat tarawih, juga bisa main perang sarung sama temen-temen. Pokonya gak berenti bersyukur deh gue kedatengan bulan Ramadhan ini, semoga tahun depan bisa ketemu lagi.

Nah, ngomongin soal  bulan Ramadhan, pasti ga bakal jauh-jauh dari yang namanya puasa. Puasa itu bukan cuma tentang nahan laper sama haus doang, kita juga harus nahan hawa nafsu. Kita gak boleh out of control,  gak boleh marah-marah gak jelas, galau-galauan gak jelas. Pokonya harus bisa kendaliin diri. 

Karna nahan laper sama haus nih, jadi gak boleh makan dan minum #bebasdil. Buat sebagian orang, puasa termasuk ibadah yang berat. Karna gak semua orang bisa buat nahan laper & hausnya. Ya sebenernya ini masalah kebiasaan juga ya, kalo gak biasa juga lumayan susah. Beruntung sih puasa itu satu bulan, lama-kelamaan nanti juga jadi kebiasaan. 

Buat yang belum terbiasa, gue bakalan ngasihin sedikit tips nggak peting biar rasa lapernya sedikit memudar.


Lakukan Hobi
Setiap orang punya hobi, dari anak kecil sampe aki-aki semuanya punya hobi. Kalo udah ketemu sama hobi, siapapun orangnya pasti bisa lupa semuanya. Lupa mandi, lupa makan, lupa pacar(emang punya?), banyak deh. Asalkan jangan lupa aja, kalo lagi puasa.

Hobinya harus yang gak ngebatalin puasa ya. Jangan mentang-mentang hobinya ngemil, langsung ngemil siang-siang, batal. 

Buat para blogger pasti lebih asik puasanya, soalnya kadang bikin artikel itu kerasanya sebentar padahal udah 2 jam aja. Belum lagi blogwalking nya. Yang hobinya olahraga, gue saranin mulai olahraganya beberapa menit sebelum buka deh, biar ntar pas udah capek pas-pasan sama buka, bisa langsung minum deh. Terus buat yang hobinya main catur, jangan pernah coba-coba makan pionnya. Tunggu bedug maghrib dulu, baru dimakan #bebasdil. 

Sibukin Diri
Sorry, gue sibuk. Gue sibuk bikin artikel ini, makanya ga laper. Sibuk akan sesuatu bikin kita lupa semuanya, soalnya kita fokus ke satu hal yang lagi dikerjain. Ya ngapain kek biar sibuk.

Jadi, kalo kamu termasuk orang takut batal gara-gara laper, cobain deh sibukin diri sendiri. Bantu-bantu orang tua, bersihin rumah, ngerjain tugas, asal jangan sibuk bengong aja, lapernya malah kerasa banget . Selain gak kerasa laper, kita juga dapet pahala gara-gara kesibukan kita tadi.

Olahraga
Olahraga, siapa sih yang ga suka olahraga? Di sekolah aja kalo mata pelajaranya penjas, pasti udah siap banget. Mungkin banyak yang beranggapan kalo pas puasa olahraga itu malah bikin tambah laper sama haus. Malah pas puasa ini kalo olahraga, proses pengeluaran racun tubuh kita bisa lebih lancar. Tapi olahraganya kira-kira juga ya, pas puasa malah main bola siang-siang, full 90 menit lagi. Ya aus, mampus aja sana.

Mending olahrangnya sorean dikit aja. Beberapa menit sebelum buka aja olahraganya, jadi ntar kalo udah capek kan pas-pasan sama bedug, bisa langsung minum deh.

Tidur
Waktu puasa tidur adalah ibadah. Waktu puasa mungkin gue lebih banyak dapet pahala dari tidur kali ya. Waktu tidur itu semuanya gelap, gak liat apa-apa dan jadinya gak tergoda sama apapun. Waktu juga bakalan kerasa lebih cepet berlalu dan pas tidur juga gak ada kerasa laper. Gak percaya? tidur gih. Jangankan laper ya, kebelet aja bisa gak kerasa waktu tidur. Gak percaya? tidur gih. Masih gak percaya juga? tidur gih.

Makan
Kalo emang udah ga bisa ketahan lapernya,  yaudah makan aja. Dari pada gak kuat, terus pingsan. Tapi ada baiknya coba tidur dulu, bangunya ntar pas buka aja, biar puasanya juga gak batal. Sayang banget sih kalo puasanya di batalin, pahalanya gede. Kalo emang udah gak bisa ketahan lagi, yaudah deh. Tapi inget,  puasanya diganti ya.


Ya, itu deh beberapa tips dari gue, kalo masih belum berhasil juga, berarti harus diulang, ulang lagi bacanya dari atas sampe bener-bener berhasil tipsnya. Jadi, waspadalah! waspadalah!, makanan di sekitar mu lebih menggoda dari pada Maudy Ayunda. Semoga puasa kalian lancar ya! :) 

18 komentar:

  1. Mungkin lebih perbanyak sabar dalam menahan, tidur, nonton tv, sama depan laptop deh. Paling kalau kelamaan nonton atau depan laptop, ujung-ujungnya tidur. :v
    Atau mau bantuin mama masak? Huahahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cie bantuin mama masak, ntar masakin aku juga mau ya :) Aku mau makanan seafood, Terumbu karang with starfish featuring octopus ink. :)))

      Hapus
  2. tidur udah yang paling bener XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, tidur udah paling bener. Mau ngapain juga, kalo udah tidur pasti cepet kerasanya xD

      Hapus
  3. Ikutan nimbrung dikunjungan perdana :). termasuk followers ke 13

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, kunjungan perdana. Darang lagi ya, heheh x))

      Hapus
  4. Wahahaha makan mah batalin puasa. Gue kadang kalo sahur mepet, yang gue lakuin cuman makan kurma 2 biji doang sama minum air putih. Dan ternyata itu ngefek buat puasanya lebih tahan. Itu sih kalo tips dari gue. Nabi Muhammad dulu juga gitu. :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah, coba ah. Besok sahurnya tetep makan tapi ditambah korma. Ngefek banget kayanya. Eh iya, air putihnya berapa banyak kak? 3 galon. Haha

      Hapus
  5. niatnya di kencengin,kl dah niat,godaan apapun pasti lewat hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi, niatnya paling penting. Kuat niat, kuat juga puasanya.

      Hapus
  6. tidur kayanya efektif yaa .. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, efektif banget. Tapi jangan tidur mulu, ga puasa itu namanya

      Hapus
  7. Makan adalah cara yang pas buat tips gak lapar :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi pengen bikin lagi gua. Judulnya "Tips Biar Puasa Gak Laper" isinya "Makan bro" hahaha

      Hapus
  8. Tidur, kayaknya itu yg paling pas... Hehehe

    BalasHapus
  9. Iya kalo tidur puasa suka gak kerasa.. hehe.. Alhamdulillah ternyata Tuhan baik, tidur juga termasuk kepada ibadah, sehingga insyaAllah dapat pahala, amin.. Bulan ramadan udah lewat, met lebaran dan mohon maaf lahir batin, dan ini bisa diaplikasikan lagi saat nyawalan.. hehehehehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin. Iya, gue juga ya. Mohon maaf lahir batiin

      Hapus