Tips Supaya Guru Gak Ngasih PR - M. Aidil

Sabtu, 13 September 2014

Tips Supaya Guru Gak Ngasih PR



PR, tugas, homework, itu sama aja. Yang penting itu kerjaan dan dibikin di rumah, emang sih kadang malesin tapi ya apa daya, kalo gak dikerjain siapin deh alasan yang cocok ke guru, dan juga siap mental dan fisik buat di hukum sama guru, apalagi yang killer.


Apalagi sekarang, dengan Kurikulum 2013 (re: kampret), kurikulum baru. Uuh, tugasnya bikin mumet, materinya belum sepenuhnya ngerti udah dikasih tugas aja. Tugasnya dibikin persentasenya, ntar yang nerangin siswa deh. Di kurikulum yang sekarang ini, semuanya serba sendiri, memahami materi sendiri, cari bahan sendiri. Menurut gue ya kalo metode belajarnya serba sendiri gini, penilainya juga harus sendiri dong, isi rapor sendiri gitu.


Ternyata jadi anak SMA gak seenak kaya di tv, yang kerjanya cuma pacaran, jalan-jalan, seru-seruan, main sama rebutan darah suci. Biar rasa mumet ini bisa hilang, gue mau kasih tips absurd supaya guru gak ngasihin tugas lagi.


Ajak Becanda Gurunya

Biasanya kan kalo udah jam pelajaran mau habis, guru suka buka buku buat ngasihin tugas ke kita. Waktu guru udah ngelakuin hal itu, udah deh langsung ajakin gurunya ngobrol, becandain. Tapi jangan berlebihan, ntar yang ada malah dihukum.

Kalo yang namanya ngobrol, gak akan bisa dimulai kalo gak ada yang bertanya, maka bertanyalah. Bikin satu pertanyaan yang bikin gurunya senyam-senyum. 


Misalnya kaya "Bu, udah cek ig saya belum? Saya jual rudal loh, asli buatan Rusia motif polkadot lucuk-lucuk. Ibu mau beli?" atau "Bu, ibu tau ngga Super Junior mau ganti genre jadi dangdut?"  Ya, mungkin garing tapi seenggaknya udah mengalihkan perhatian gurunya. Sampai si guru menanggapi pertanyaan, gituin aja terus sampe jam pelajaran kelar.


Kasihin Alesan

Kalo merekakan (re: jomblo) biasanya dikasihin harapan, tapi palsu. Tapi kalo guru dikasihin alesan aja biar gak galau kaya jomblo.

Kasihin alesan yang kaya "Bu, jangan sekarang deh. Minggu depan aja ngasih tugasnya, lagi banyak ulangan bu" atau "Jangan ngasih tugas dong bu, minggu depan aja, besok saya sakit bu"  Ya pokonya kasihin aja alesan, terserah deh, suka-suka. Ngasihin alesannya juga harus pake ekspresi dan intonasi suara yang tepat, pasang muka baru diputusin pacar terus pake suara yang mendayu kaya pesinden.


Nb: Koordinasikan dengan teman sekelas supaya lancar.


Pasang Muka sok  Paham

Biar gak dikasihin PR, tips ini termasuk dalam tips jitu tapi gak jitu-jitu amat. Kenapa? karna kamu kurang mengasah kemampuan ber-acting. Kalo udah lancar actingnya, udah deh langsung aja ke TKP.


 "gimana, udah paham semuanya?" | "udah buu.." *sambil ngangguk* *mimik wajah yang pas* | "bagus, keliatanya ibu berhasil nenrangin ini kekalian, sampai paham semuanya" | "ya dong, dikelas ini kan pinter-pinter semua bu" | "oh, kalo gitu ibu gak bakalan ngasih tugas tapi belajar ya di rumah. soalnya minggu depan kita langsung ulangan aja ya" | "yaaahh


Emang sih gak dikasihin PR, tapi minggu depanya langsung ulangan. Haduuh, biarin deh yang penting gak ada tugas. Tapi minggu depanya langsung remedial. Lah, tapi kemaren katanya ngerti materi tapi kok remedial?


Sekap Si Anak Rajin

Setiap sekolah dan di setiap kelas, pasti ada aja 'anak rajin'nya. Anak rajinya itu kadang ngeselin, waktu guru udah lupa kalo ada PR eh dia malah ngingetin. Terus waktu guru udah keluar ngerumpi sama guru lain, dia malah ikutan keluar mau nanyain "bu, hari ini gak dikasih tugas?"  kampret kan? emang.

Biar bisa aman dari tugas. Sebelum guru ngasihin tugas, ajak  permisi si anak rajin tadi. Permisi ke WC, terus waktu udah nyampe di wc-nya langsung deh jorokin ke wc, terus kunciin sampe bel keluar bunyi. Koordinasi juga sama temen sekelas, buat ngajakin gurunya becanda. Biar gurunya juga lupa kalo dia mau ngasih tugas.  Pas masuk kelas, bilang deh si 'anak rajin' tadi kalo dia lagi di UKS.


Nb: Sebaiknya jangan dilakukan, karna terlalu sadis. Lebih sadis dari pada jomblo.Lebih 


Simpan Ringtone Bel Keluar

Yang harus kamu lakuin adalah, sehari sebelum pelajaran yang itu masuk kamu udah download bel keluar kelas yang persis sama kaya disekolah. Searching deh di google, pasti ada kalo niat pasti nemu deh. Setelah di download tadi langsung save di laptop/gadget yang bakalan di bawa ke kelas.

Waktu guru udah diem dan bolak-balikin LKS bakal nyariin tugas buat lo, playlist bel itu udah harus siap buat di play. Disaat guru udah ngomong "Baik lah, anak-anak tugas har......" langsung play deh itu playlist itu tadi, dan akhirnya bel nya bunyi "tenonet tenonet tenonet jreng jreng" guru juga langsung diem ditempat terus ngomong "yaudah, pelajaran hari ini sampai disini dulu ya anak-anak"  Kalo misi ini berhasil, tugas pun melayang, yee..





Kalo menurut gue sih ya, mau nggak mau, suka nggak suka. Yang namanya tugas ya bakalan berpengaruh sama nilai, dan nilai juga sangat berpengaruh buat masa depan. Tapi kalo bisa dihindari, ya kenapa enggak?



Namanya juga PR. Dikerjain males, nggak dikerjain malah kepikiran. Huft!
Kalo  tips absurd dari gue ini berhasil. Kirimin martabak ya.
Kalo buat temen-temen semua, ada yang mau nambahin. Silahkan di komen~\o/

25 komentar:

  1. wahahahasyet kudu dilaksanakan ini sama teman sekelas (?)

    BalasHapus
  2. Hadapin aja PR dari guru.... jangan dihindari

    BalasHapus
  3. "Simpan Ringtone Bel Keluar"
    dirimu kreatif sekali nak \(._.
    tapi gurumu pasti jauh lebih pintar. hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya biarin lah, namanya juga absurd kan. hahaha

      Hapus
  4. Oh jadi kalau murid udah nanya yg aneh-aneh berarti ngalihin perhatian ya? Ilmu baru nih :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bisa, ke guru ya tapi jangan ke doi..

      Hapus
  5. kadang kalo bel keluar berbunyi makin banyak tuh guru ngasih tugas. nasib emang nasib.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, semuanya tergantung pada takdir. Takdir (Takdir) *pake gema*

      Hapus
  6. pake rington bel keluar?

    boleh juga idenya :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. wiih, yoi banget haha. tapi semoga berhasil yaa

      Hapus
  7. Gue mikirnya sih gabakal mempan, eh. --"

    BalasHapus
  8. wkwkwkkwk. tetep aja bakal dikasih pr.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaa, cobain lah. Kalo udah niat pasti bisa lah. Percayalah, wahai anak muda.

      Hapus
  9. Asik, coba besok-besok diterapin ya hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yooii, eh kalo berhasil tau kan ngirimin apa ke gue?

      Hapus
  10. Yang nomer terakhir itu ngena :D

    BalasHapus
  11. PR tuh kayak mantan, makin di hindarin makin menghantui

    BalasHapus
  12. Balasan
    1. itulah usaha, butuh latihan keras untuk bisa menggoda guru seperti ini..

      Hapus