Cara Ngatasin 'Bad Mood' - M. Aidil

Jumat, 18 Desember 2015

Cara Ngatasin 'Bad Mood'



Badmood adalah keadaan dimana batin seseorang yang sedang mengalami rasa tidak enak terhadap dirinya sendiri, orang lain, bahkan lingkungannya. Badmood itu kalo diartiin ke bahasa Indonesia artinya 'suasana hati yang buruk'. Kata google translate sih gitu.

Kalo badmood gitu pasti bawaannya kesel ya kan? gue kalo kesel gitu kadang tanpa sadar utang negara semuanya udah gue lunasin aja. Repot kan gue kalo badmood, makanya gue ga pengen kalian bernasib sama kaya gue.

Kadang waktu badmood kita bawaanya lemes, putus asa, kesel campur aduk semua. Bakalan susah buat ngatur diri sendiri. Ada yang bakal terus males-malesan tidur, ada yang nangis, ada yang ngelakuin sesuatu yang ga berguna yang udah tau sendiri kalo itu cuma bakal buang-buang waktu dan banyak 'ada' lainnya. Padahal banyak hal yang bisa kamu kerjain, kaya tugas gue gitu.

Lama kelamaan nanti itu bakalan jadi kebiasaan, molor mulu, nangis mulu, kesel mulu tiap hari dan lainnya. Kalo udah gitu kamu bakal susah berubah jadi pribadi kamu sebelum badmood. Pribadi yang selalu pengen bahagia dan ga gampang putus asa, ga kaya yang pribadi pas badmood yang cuma bisa buang-buang waktu kamu.

Gue punya beberapa tips, buat kamu yang sering badmood dan pengen gak badmood lagi, mau tau? yuk ah, biar ga lama-lama. Tapi bacanya santai aja ya, ga usah cepet-cepet. Udah ah, lama. Langsung aja


Cerita
Pertama sebelum cerita, kamu harus punya lawan cerita dulu. Jangan kaya gue hobi ngomong/cerita sendiri. Dalam kondisi badmood yang ga menentu arah itu, kamu butuh cerita. Ceritalah ke siapapun disekitar kamu yang kamu percaya. Syukur kalo mereka bisa ngasih saran, kalo ga ada saranpun kamu punya kepuasan tersendiri karna udah lega, cerita semuanya. Kalo misalnya dapet temen cerita yang ga terlalu deket sama kamu, hindari ngomongin yang sifatnya privasi.

Bahasanya sekarang sih 'curhat'. Kalo cowo macho kaya gue sih ga mungkin banget curhat, gue biasanya mechurahkan isi hati aja. Tapi jangan kaya temen gue yang ngakunya anak gym, otot gede tapi kalo lagi bete, curhtanya di diary "Dear diary, hari ini aku bete banget..." Intinya hati lega, bisa cerita. Badmood nya bakalan memudar.

Dengerin Lagu
Ini udah paling bener deh. Soalnya sebuah lagu itu bisa sangat mempengaruhi mood kamu. Misalnya denger lagu 'Indonesia Raya' yang bener-bener hikmat gitu, pasti rasa nasionalisme dari diri kamu bakal keluar. Dari lagi galau, dengerin lagu ngebeat langsung semangat. Jangan lagi galau, dengernya lagu galau juga. Ntar jadinya baper. Nangis lagi.

Kalo lagi badmood, dengerin lagunya yang bikin semangat atau yang lucu gitu. Bisa menghibur diri dan badmodnya ilang. Bakalan lebih 'yoi' kalau paham sama lirik lagunya, Jangan yang kamu ga ngerti, mentang-mentang lagunya rock karna terbawa musiknya, kamu malah girang. Padahal isi lagunya mah galau. Gue banget.



Cari Sesuatu yang Menghibur
Internet ada, buku ada, tv ada. Kurang apa lagi buat kamu bisa cari sesuatu yang menghibur? Banyak hal diluar sana hal yang konyol yang bisa kamu tertawakan. Bakalan bisa lebih 'yoi' kalo kamu nonton, baca atau apapun bareng-bareng sama orang terdekat atau yang disuka. Ciee

Banyak hiburan yang bisa kamu dapetin, terutama dari internet dan buku. Gue udah liat sendiri. Kalo di internet banyak banget yang bisa menghibur mulai dari video sampe ke blog gue(promosi mas?) Kalo di buku punya lebih banyak hal yang menghibur. Gatau sih ya, gue suka aja gitu baca buku gitu. Bukunya yang semacam buku cerita gitu ya, bukan pelajaran heheh. Kalo pelajaran suka juga sih, tapi dikit aja kaya mesen nasi padang tapi makan disana.

Do Your Hobby
Hobi itu selalu dilakukan dengan senang hati, karna itu suatu hal yang kita suka. Hati kamu lagi bermuram durja dan campur aduk, langsung ngelakuin hobi kamu yang dilakuin dengan senang hati. Bisa lebih seru kalo kamu mau ngajakin temen-temen yang hobinya sama.

Hobi olahraga? langsung cari tempatnya, ajak temen, main rame-rame. Jangan kaya gue, kemaren pengen basket, gue cuma masuk lapangan, pemanasan, langsung pulang. Hobi musik? langsung cari instrumen yang kamu bisa. Jangan kaya gue, bisanya cuma main pianika. Pokonya do something that you really love.




Perbanyak Waktu Bareng Orang Terdekat
Perbanyak waktu sama keluarga, sahabat, pacar(kalo punya), gebetan(kalo punya juga). Mereka-mereka yang bisa ngertiin kamu, mereka yang udah bener-bener kenal sama kamu. Adapun cuma temen tapi kalo dia udah kenal baik sama kamu, dia bakalan peduli dan ngertiin kamu ada juga temen yang ngetawain kamu dulu, ntar udah capek ketwanya baru ditolongin.

Seru-seruan bareng mereka, pergi main, nongkrong gitu, karokean bareng. Pokoknya sesuatu yang bikin kamu lupa sejenak sama apa yang bikin kamu kesel, sedih, dan hampir putus asa itu. Sependiem apapun kamu disuatu tempat, tapi kalo udah bareng orang terdekat pasti gilanya keluar, selalu seru-seruan dan ketawa bareng. Kebersamaan itu yang bikin badmood kamu ilang.

Tidur
Kalo tidur gabakal kerasa badmood. Jangankan badmood, kebelet buang air aja gabakal kerasa. Cobain kalo ga percaya. Sip.


Intinya kita butuh perhatian dari semua orang. Gak bisa terus-terusan mengurung diri dari orang luar, coba jadi sedikit terbuka ke keluarga, sahabat, dan orang terdekat lainnya. Kesepian bakalan selalu jadi musuh utama yang bikin hidup kamu gak berwarna, makanya jangan diem terus. Dieem mulu, diem-diem buang aer, kan ga enak

Nah, sekarang kalo badmood lakuin apa yang gue bilang tadi ya. Kalo ada yang mau nambahin silahkan, di kolom komen. Karna udah tau tips ini, gak ada lagi ya yang badmood malah berisik di dunia maya. Pake emot murung, nangis dan semacamnya.



Ps: Misalnya tips gue ini berhasil, kirimin makanan apa gitu ya ngetiknya sambil laper nih. Sama gue lagi pengen mobil baru, gue juga pengen rumah baru. Sama sekalian paket berangkat haji 5 orang. Beliin yah, thank you guys!

20 komentar:

  1. Gue kalo badmood sukanya nonton pelem. Dari yang seru ampe yang ga jelas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah, pelem. Pelemnya jan yang aneh aneh ya tapi huhahaha

      Hapus
  2. Woi mane aja lau baru nongol :P

    Aku kalok badmood sukanya makan. ._. Eh tapi kadang dengerin lagu jugak sik. Wkwkwk :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, cie kangen ciee..
      Makan mulu lu, ntar baju kesukaan lu ga muat lagi gimana? hahaha

      Hapus
  3. Tambahan: tidur. Kalo badmood tidur tuh paling ampuh. \:p/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidur emang iya, kaga kepikiran apa-apa. Eh taunya bangunnya 2 hari kemudian, terus telat lagi kudu sekolah.. makin paraaah /o/

      Hapus
  4. Nge blog juga kadang ngilangin badmood.
    Visit back ya potretyangsempurna.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaaak, jawaban yang tepat sekali. Ngetik-ngetik ga jelas di word juga puas banget, udah.

      Hapus
  5. Buatku yang paling ampuh itu cerita atau kalo enggak ya dengerin lagu. Dijamin dari cemberut langsung jadi mringis-mringis sendiri hehe.

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Bro Kayak nya lo jarang nge share postan lo deh Soal nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak bisa ane sebutin

      Hapus
    2. Kenapa bro? sebutin aja, gapapa kok. Gue akuin sih, emang sejak beberapa bulan belakangan ini susah banget buat gue ngatur waktu, ga kaya kelas satu dulu. #curcol hahah santai aja broo *tos*

      Hapus
    3. Maksud ane gak bisa disebutin ane gak tau kata-katanya pokok nya susah deh. and btw kenapa gak ada iklan kalo ada iklan kan lu dapat bayaran pake google adnsanse aja supaya dapat bayaran

      Hapus
    4. Cuma itu yang ane tau tentang google andsense kalo mau tau lebuh jelas cari aja di google Salam gila and *tos*

      Hapus
  8. Oh gitu, okedeh. Makasih sarannya yow^^ salam gila tong *tos*

    BalasHapus
  9. Deer, dengerin lagu paling ampuh.

    BalasHapus
  10. Gue seneng kalau lu badmood, harap harap utang gue dilunasin juga kkkkk

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus